#komunitasjalanjalanuangnegara

Sesungguhnya saya harus berterima kasih kepada teman-teman yang, mungkin sengaja tak sengaja, mengingatkan saya tentang tujuan saya jauh-jauh disekolahkan ke benua seberang. Jika mengingat kembali nasihat Ibu Sri Mulyani, sang penggagas beasiswa yang menyokong sekolah dan hidup saya sekarang, sewaktu berkunjung ke Den Haag November tahun lalu, beliau menekankan pentingnya pembentukan sikap dan karakter. Menurut beliau, good attitude dan karakter merupakan sesuatu yang menular yang nantinya menjadi sikap dan karakter dari suatu bangsa.

Orang-orang yang bisa bersekolah melanjutkan jenjang master apalagi di luar negeri punya privilege yang sangat besar. Mulai dari merasakan sistem pendidikan yang lebih menantang hingga bisa berinteraksi dengan berbagai macam orang dari penjuru dunia. Satu hal lagi yang tak kalah penting: bisa menjejakkan kaki di banyak negara sambil pelesir ketika liburan tentunya. :p

Nah, menurut saya, sikap dan karakter yang dipesankan oleh Ibu Sri Mulyani ini bisa dipupuk dan dibentuk dari sini, dari interaksi dengan berbagai macam tipe orang dan mengamati negara-negara yang dikunjungi. Mulai dari melihat bagaimana infrastrukturnya dibangun dan sistemnya berjalan; bertemu dengan orang-orang lokal; berdiskusi; masuk ke museum-museumnya; bahkan mengunjungi tempat wisata.

Saya pribadi, lebih suka naik transportasi umum dan berusaha kontak dengan orang-orang lokal yang saya temui lalu mengobrol dengan mereka. Ngga perlu langsung yang berat-berat tentang ekonomi atau politik. Seperti saat saya bertemu dengan kakek paruh baya yang mengantar saya yang nyasar sewaktu mencari jalan ke bamboo grove di Arashiyama, Kyoto, Jepang. Kami mengobrol tentang bagaimana ia selalu berlari sore di sekitar Arashiyama karena tempatnya yang nyaman dan dekat dari rumah hingga menyinggung tentang mulai tumbuhnya tempat makan halal di dekat rumahnya karena banyak turis muslim seperti saya (yang menggunakan kerudung) datang ke Jepang.

Tentang #komunitasjalanjalanuangnegara, biarlah mereka pergi sejauh-jauhnya. Biar matanya terbuka dan ngga cuma bisanya mengerdilkan negara sendiri. Biar tau kalau Brussels saat jam pulang kantor pun macetnya juga kaya Jakarta. Biar tau kalau gembel di kota secantik Paris dan Praha pun banyak. Biar tau kalau di kota metropolis macam Tokyo, mencari orang yang bisa diajak berbicara bahasa Inggris ternyata sesulit itu.

photo6186118143655651246

Jalanan di jantung kota Brussels pas jam-jam pulang kantor. Macet kaaannn. Bedanya, itu jalanan sepeda ngga disikat juga walaupun kosong.

Jadi, dibalik foto-foto likeable yang diunggah di media sosial itu, kita doakan saja semoga anak-anak ini (termasuk saya tentunya) bisa mengambil pelajaran dari perjalanan-perjalanan tersebut dan menghargai hak istimewa yang dipunya. Mulai dari perbaikan sikap dan karakter hingga nanti sekembalinya ke tanah air dan menjadi tulang punggung perbaikan bangsa. Mamam, Nob. Beraaaaatttss!

Leave a Reply

Cita - Cita Sumberdaya

view of an independent mind

rifqi ismiraj's personal page

My Perspective to the Environment

Beradadisini

On Mindful Living, Writing, and Traveling

ankarana renva

Terimakasih sudah mampir.. Dan beritahu yang lainya kalau saya punya blog..!

S A S T R I

In Sanskrit, Shastri means "man of learning".

Explore the World

“jangan kikir dalam berfikir, jangan komentar kalau tidak bernalar, jangan pernah lempar panah tanpa sasaran. LIHAT, DENGAR, dan RASAKAN.”

@EnglishTips4U

Indonesia's first and only Twitter-based English learning portal

README.TXT

selamat membaca saya, nisa :)

Othervisions

there's a life beyond our life, so go out there

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

